PELATIHAN COURTESY BAGI WARGA RT 02 KEL. CAMPAKA, ANDIR SEBAGAI BEKAL UNTUK MEMPERSIAPKAN DIRI BEKERJA DI INDUSTRI PARIWISATA


Pengabdian Masyarakat dengan judul PELATIHAN COURTESY BAGI WARGA RT 02 KEL. CAMPAKA, ANDIR SEBAGAI BEKAL UNTUK MEMPERSIAPKAN DIRI BEKERJA DI INDUSTRI PARIWISATA dilakukan dengan mitra warga RT. 02 Kel. Campaka, Andir. Adapun permasalah yang terjadi pada masyarakat yang kami sasar adalah warga di lingkungan ini perlu dibekali sebuah keahlian agar mampu mengembangkan diri sehingga dapat meningkatkan perekonomian keluarga maupun lingkungan sekitarnya. RT.02 Kel Campaka merupakan lokasi padat penduduk yang dihuni oleh warga dengan berbagai macam profesi yang sebagian besar berada di sector informal.  Rukun Tetangga (RT) sebagai lembaga kemasyarakatan sebagai mitra kerja pemerintah dan organisasi kemasyarakatan lainnya, yang berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak pada masing-masing jenjang pemerintahan untuk terlaksananya program pemerintah mempunyai tugas membantu Pemerintah Desa/Lurah dan merupakan mitra dalam pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan keluarga. Oleh karena itu, keterlibatan RT dalam kegiatan Pengabdian masyarakat merupakan langkah yang strategis dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat, mengingat warga RT 02 Kel. Campaka dapat dikategorikan masyarakat menengah ke bawah, dimana sebagian besar warganya bekerja di bidang non formal dengan penghasilan tidak menentu setiap bulannya.

PELATIHAN COURTESY BAGI WARGA RT 02 KEL. CAMPAKA, ANDIR SEBAGAI BEKAL UNTUK MEMPERSIAPKAN DIRI BEKERJA DI INDUSTRI PARIWISATA

 

Pengabdian masyarakat ini membekali warga sebuah keahlian yaitu courtesy untuk mempersiapkan diri bekerja di industri pariwisata. Mengingat kini banyak bisnis kuliner yang berkembang diwilayah perkotaan maupun pinggiran Kota Bandung, sehingga dibutuhkan pula sumber daya manusia yang menguasai pelayanan dengan keramah tamahan. Courtesy adalah suatu perlakuan yang baik kepada seseorang yaitu konsumen atau tamu (orang lain), dengan memberikan pelayanan yang terbaik dengan tujuan bahwa konsumen akan merasa puas dengan pelayanan yang diterima. Courtesy menyangkut cara penerimaan yang tulus, keramah tamahan dalam menerima atensi konsumen, tutur kata/ cara berbicara yang ramah dan tindakan lainnya yang dapat membuat konsumen puas.

Warga yang mengikuti pelatihan di wilayah ini dapat mentransfer ilmu yang diberikan kepada masyarakat sekitar wilayah RT 02 Kel. Campaka sehingga dapat berperan dalam meningkatkan taraf hidup keluarga. Peningkatan kemampuan dan keahlian sumber daya akan mampu meningkatkan kesejahteraan masing-masing keluarga sehingga pada masa depan, keluarga termasuk anak-anak punya masa depan yang lebih baik. Keahlian yang dimiliki masyarakat sebagai seorang individu mampu mempengaruhi peningkatan pendapatan dan dapat menurunkan kemiskinan dan mempercepat pertumbuhan ekonomi.


Leave a Reply